BEDAH BUKU “TEORI ADMINISTRASI PUBLIK DALAM MEMAHAMI KONSEP DASAR ADMINISTRASI PUBLIK” OLEH HARBANI PASOLONG
Seperti yang teman-teman ketahui bersama definisi Administrasi Publik terdiri dari dua kata yakni administrasi dan publik, yang mana secara sederhana dapat kita artikan bahwa administrasi merupakan suatu kumpulan orang yang bekerja sama demi mencapai suatu tujuan.selain itu administrasi itu sendiri memiliki tiga unsur utama yaitu ;
·
memahami tujuan
·
sekumpulan orang
·
sarana
selanjutan
kata yang kedua publik, kata publik merujuk pada sekumpulan manusia yang
memiliki kesamaan dalam segi sikap, pemikiran, dan Tindakan. Sehingga dapat
dikatakan bahwa Administrasi Publik yaitu rumbun keilmuan yang berisikan
tentang kerjasama yang mendalami kepentingan publik, bekerja untuk publik dan
oleh untuk public.
Munculnya pergeseran nomenklaktur
dari negeri ke public hadir karna adanya hal yang substansional terkait dengan
perubahan nama tersebut, pada dasarnya negara di anggap menjadi agen tunggal
dalam mempengaruhi kebijakan, berbeda dengan publik yang dimana negara hadir
hanya sebgai fasilitator. Kemudian pula yang menjadi sala satu pendorong
perubahan tersebut adalah adanya dinamika IPOLEKSOS, perkembangan IT dan
tuntutan negara yang untuk lebih demokrasi yang semakin terbuka pada
kedinamisan.
Menurut nicholas hendery ada 3 ruang lingkup yaitu,
organisasi publik, manajemen publik, dan kebijakan publik. kemudian di
tambahkan dengan pelayanan publik yang bermuara pada pemenuhan kebutuhan
masyarakat, birokrasi, struktur organisasi dari lingkup pemerintahan guna
menyesuaikan tupoksi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan publik.
dalam pelaksanaan sistemnya manajemen publik dan
kebijakan publik memiliki perbedaan, yakni manajemen publik jika di analogikan
adalah seperti saraf dan kebijakan publik seperti jantung. jadi perbedaan
mendasar antara kedua hal tersebut sangatlah kentara walau jika dilihat secara
luar terlihat sama.
Selanjutnya tidak bisa kita pungkiri bersama bahwa
administrasi public pun sangat lekat dengan organisasi, menurut Max Weber
terdapat tujuh syarat yang menyebutkan organisisai ideal yaitu ;
1)
Pembagian struktur
organisasi yang jelas
2)
Hierarki
kewenangan
3)
Formalisasi yang
tinggi
4)
Pengambilan
keputusan berdasarkan kemampuan
5)
Impersonalitas
6)
Jenjang karir
7)
Pemisahan
kehidupan pribadi dengan pekerjaan
Kemudian yang terakhir adalah kepemimpinan,
kepemimpinan sangatlah penting sebab ruang dan ruang keilmuan Administrasi
Publik ini sangatlah luas, dalam implementasinya seorang pemimpin harus kuat
dalam memahami administrator yang ada serta memahami tiga hal yang wajib di
ketahui :
1.
kepemimpinan
2.
pemimpin
3.
pimpinan
Adapun
tipe kepemimpinan berdasarkan pengambilan keputusan yaitu :
1.
otokrasi yaitu
segala keputusan berada pada pimpinan
2.
demokratik yaitu
keterbukaan dalam pengambilan keputusan
3.
Karismatik yaitu
ciri khas yang melekat padanya sejak lahir sehingga mempengaruhi orang lain.
4.
Leses vaire, ruang
dibuka seterbuka mungkin bagi para anggotanya tanpa ada Batasan
5.
Paternalistik,
kebapaan atau yang mengayomi anggota dalam pengambilan setiap keputusan.
6.
Kondisional, yang
menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.
Serta
asal mula kepemimpinan :
1.
Genetik, jiwa yang
telah ada sejak lahir
2.
Sosial, jiwa
kepemimpinan yang terbentuk karena lingkungan sosialnya
3. Ekologis, perpaduan dari genetic dan social. Tidak hanya bawaan lahir yang kemudian ditempa oleh lingkungan sosialnya.
Komentar
Posting Komentar