Adaptasi Budaya Kerja Organisasi di Masa Pandemi Covid-19



Tujuan maupun keinginan merupakan landasan organisasi dalam menentukan masa depan organisasi. Dalam kondisi pandemi covid-19, jalannya organisasi membutuhkan adaptasi akan hal budaya kerja. Hal ini dipengaruhi perubahan lingkungan strategik organisasi yang sangat cepat dalam berbagai dimensi, seperti teknologi, sosial, lingkungan, dan lain sebagainya, menuntut organisasi untuk mampu beradaptasi pada perubahan itu. Pandemi covid-19 berpengaruh cukup signifikan terhadap seluruh dimensi kehidupan manusia, baik sebagai makhluk individu maupu makhluk sosial. Ketidakpastian akibat pandemi covid-19 juga merubah tatanan kehidupan. Pembatasan mobilitas atau pembatasan sosial menjadi titik balik dimana interaksi manusia harus bisa beradaptasi. Hal ini tentu berpengaruh terhadap budaya organisasi.

Adapun pengertian Budaya Organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh anggota-anggota yang membedakan organisasi itu dari organisasi-organisasi lainnya (Robbins, 1996). Selanjutnya Budaya organisasi adalah suatu wujud anggapan yang dimiliki, diterima secara implisit oleh kelompok dan menentukan bagaimana bagaimana kelompok dan menentukan bagaimana kelompok tersebut rasakan,pikirkan dan bereaksi terhadap lingkungannya yang beraneka ragam (Kreitner dan Kinicke, 2005). Budaya organisasi berperan penting untuk system control atas perilaku anggota organisasi melalui nilai-nilai dan aturan yang berlaku. Penerapana budaya organisasi yang tepat akan memberikan dampak ketahanan bagi kedudukan organisasi dalam menghadapi masalah, bahkan membuka peluang untuk melakukan inovasi menciptakan keuntungan yang lain.

Esensi dari budaya organisasi adalah pembiasan, sehingga pendekatan yang responsif mempengaruhi organisai dalam kecepatan dan ketepatan adaptasi. Transformasi budaya dengan pemanfaatan komponen teknologi dibuthkan dalam adaptasi budaya kerja organisasi di masa pandemi covid-19. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat ini adalah dimensi teknis melalui Pelatihan dan pengembangan Program pelatihan yang diarahkan guna memelihara dan memperbaiki kinerja anggota. Program pengembangan untuk mengembangkan keahlian bagi anggota di masa pandemic. Selanjutnya dimensi manusia melalui Rasa kebersamaan, individu dan kelompok bekerja bersamaan. Kepedulian terhadap anggota yang lain Kepercayaan terhadap anggota Budaya belajar, arah tukar informasi. Terkahir melalui dimensi konsep yang merupakan Kemampuan mental untuk menganalisis dan mendiagnosis situasi yang kompleks Nilai-nilai yang kuat



Komentar