Bedah Buku “Teori Administrasi Publik” Dalam Memahami Sejarah Perkembangan dan Ruang Lingkup Administrasi Publik
Administrasi publik pertama kali di perkenalkan oleh Woodrow Wilson dalam bukunya yang berjudul "the study of administration" yang kemudian menjadi tonggak perkembanganawal pemikiran administrasi publik. Di Indonesia sendiriadministrasi publik mulai diajarkan ke berbagai perguruan tinggisekitar tahun 1950an. Perlu teman teman ingat bahwa terjadiPerubahan paradigma dari AN jadi AP, pada saat ini pemerintahbukan lagi sebagai aktor tunggal melainkan sebagai fasilitatorbagi pihak lain. Berdasarkan teori triple helix pada saat inijalannya pemerintahan melibatkan 3 aktor utama yaitupemerintah, masyarakat Madani dan swasta. Secara lebih luaslagi ada konsep penta helix yang mengatakan bahwa ada 5 aktordalam menjalankan pemerintahan yaitu pemerintah, swasta, masyarakat madani, perguruan tinggi dan media massa. Berbicara tentang administrasi publik tentu tidak lepas darikebijakan dan pelayanan publik di dalamnya. Kebijakan publikmenjadi lokus dalam administrasi publik, sedangkan fokusnyaadalah pelayanan publik. Kebijakan publik merupakan modal utama yang dimiliki pemerintah untuk menata kehidupanmasyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Pelayanan publikmerupakan tindak lanjut dari penerapan kebijakan yang langsung bersentuhan dengan masalah dan kepentinganmasyarakat.
Pengertian Administrasi paling lama yaitu bentuk Kerjasama, dua orang atau lebih yang berkerjasama. Kemudian berkembanglagi menjadi old public administration, new public management, new public service.
Apakah perbedaan administrasi negara dengan administrasipublik ?
Administrasi negara terdapat perbedaan pada fokuspemikirannya. Segala kebutuhan publik ditentukan oleh negara.Negara yang memiliki masyarakat harus diatur dan dipenuhikebutuhannya oleh negara. Adminsitrasi publik memiliki 3 kondisi perkembangan yaitu :
new public management, hadir untuk mengkritik old public administration : yaitu terhadap pembagian tugas danwewenang yang jelas, strukrtur yang jelas, Lembaga yang disebut birokrasi ditulis dalam aturan yang tidak tertulis. Organisasi yang besar akan mengalami fase infektivitas. Menurut NPM masyarakat merupakan customer ataupemilih. Pada perspektif ini berusaha mengkritik pelyananpublik yang terlalu gemuk.
Hal ini menyebabkan Batasan wilayah internasional makadari itu diperlukannya sebuah kolaborasi. Teori triple helix harus ada keterlibatan sektor swasta
Kebijakan publik secara sederhana pemenuhan rakyat olehpemerintah. Didalam kebijakan public terdapat disitu danberbentuk aturan. Segala sesuatu harus dijalankan berdasarkanaturan. Menjawab kebutuhan masyarakat untuk lebih efektif.
Serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah denganpengambilan keputusan oleh organisasi-organisasi yang menjalankan tugas tersebut. Segala yang diperluka public harusditerjemahkan dalam kebijakan public.
Elemen-elemen kebijakan publik :
Proses tahapan-tahapan kebijakan publik : Yeremies T. Keban
Pelayanan publik dapat dikatakan tangan dan kaki dalamstruktur tubuh kita. Pelayanan publik merupakan Tindakannyaata dari kebijakan public. Menjawab secara langsung melaluiTindakan nyata. Menurut ahli harbani pasolong pelyanan publikproses dimana negara atau aktor negara ada untuk menjawabkebutuhan secara langsung masyarakat atau public denganmemenafaatkan sumber daya yang dengan efisien. Didalampelayanan publik terdapat proses manajemen pelayanan publik, etika administrasi.
Manajemen pelayanan Publik bagaiamana memberikanpelayanan terhadap public. Berbicara organisasi -organisasimelakukan pelayanan dengan baik sesuai kebutuhan. Proses pengaturan bagaimana pelayanan dapat terjalankan dengan baiksesuai dengan rulesnya.
Sumber daya 6 M :
Man
Money
Market (Pasar)
Material
Metode
Machine
Prinsip manajemen dalam pelayanan public yaitu POSDCORB luther gurcop
Etika administrasi Publik sikap dalam memberikan pelayananpublik. Re-humanisasi karna dihadapkan pada interkasi terhadapmanusia, sehingga para actor kurang memberikan pelayanan.Agar aktor pelayanan tidak sewenang-wenang, tidakmenimbulkan mal administrasi. Proses dimana memberikanpelayanan public harus mampu bersikpa professional. Hal iniberkaitan dengan good governance,
3 persyarat pelayanan public administrasi public dalam dynamic governance
Komentar
Posting Komentar