Bedah Buku “Teori Administrasi Publik” Dalam Memahami Sejarah Perkembangan dan Ruang Lingkup Administrasi Publik

 




Administrasi publik pertama kali di perkenalkan oleh Woodrow Wilson dalam bukunya yang berjudul "the study of administration" yang kemudian menjadi tonggak perkembanganawal pemikiran administrasi publik. Di Indonesia sendiriadministrasi publik mulai diajarkan ke berbagai perguruan tinggisekitar tahun 1950an. Perlu teman teman ingat bahwa terjadiPerubahan paradigma dari AN jadi AP, pada saat ini pemerintahbukan lagi sebagai aktor tunggal melainkan sebagai fasilitatorbagi pihak lain. Berdasarkan teori triple helix pada saat inijalannya pemerintahan melibatkan 3 aktor utama yaitupemerintahmasyarakat Madani dan swasta.  Secara lebih luaslagi ada konsep penta helix yang mengatakan bahwa ada 5 aktordalam menjalankan pemerintahan yaitu pemerintahswastamasyarakat madaniperguruan tinggi dan media massaBerbicara tentang administrasi publik tentu tidak lepas darikebijakan dan pelayanan publik di dalamnya. Kebijakan publikmenjadi lokus dalam administrasi publiksedangkan fokusnyaadalah pelayanan publik. Kebijakan publik merupakan modal utama yang dimiliki pemerintah untuk menata kehidupanmasyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Pelayanan publikmerupakan tindak lanjut dari penerapan kebijakan yang langsung bersentuhan dengan masalah dan kepentinganmasyarakat.

 

1. Memahami administrasi

Pengertian Administrasi paling lama yaitu bentuk Kerjasamadua orang atau lebih yang berkerjasama. Kemudian berkembanglagi menjadi old public administration, new public management, new public service.

• Paradigma administrasi

Apakah perbedaan administrasi negara dengan administrasipublik ?

Administrasi negara terdapat perbedaan pada fokuspemikirannya. Segala kebutuhan publik ditentukan oleh negara.Negara yang memiliki masyarakat harus diatur dan dipenuhikebutuhannya oleh negara. Adminsitrasi publik memiliki 3 kondisi perkembangan yaitu :  

1. Perkembangan paradigma

new public managementhadir untuk mengkritik old public administration : yaitu terhadap pembagian tugas danwewenang yang jelasstrukrtur yang jelasLembaga yang disebut birokrasi ditulis dalam aturan yang tidak tertulisOrganisasi yang besar akan mengalami fase infektivitasMenurut NPM masyarakat merupakan customer ataupemilih. Pada perspektif ini berusaha mengkritik pelyananpublik yang terlalu gemuk.

2. Hadirnya globalisasi

Hal ini menyebabkan Batasan wilayah internasional makadari itu diperlukannya sebuah kolaborasi. Teori triple helix harus ada keterlibatan sektor swasta

3. adanya NPSsebagai bentuk terbarukanSebagai kritikNPM karna Persepektif swastaUntuk menghadirkanKembali negara yang hadir untuk kebutuhan masyarakat. Hal ini sejalan dengan ideologi negara kitaPenta helix yaitu keterlibatan akademisi yang merupakan pandanagandari kajian ilmiah teoritis yang jelas. Media sesuai denganzaman metafersInovasi harus bersesuaikan dengankolaborasiKonsep konsep dynamic governance yaitumasukan unsur teknologi , dengan pecahan konsepnetworking governance dan innnovatif governance. Sound governance membentuk perspektif yang humanisadministrasi

Kebijakan publik secara sederhana pemenuhan rakyat olehpemerintah. Didalam kebijakan public terdapat disitu danberbentuk aturan. Segala sesuatu harus dijalankan berdasarkanaturan. Menjawab kebutuhan masyarakat untuk lebih efektif.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah denganpengambilan keputusan oleh organisasi-organisasi yang menjalankan tugas tersebut. Segala yang diperluka public harusditerjemahkan dalam kebijakan public.

Elemen-elemen kebijakan publik :

Proses tahapan-tahapan kebijakan publik : Yeremies T. Keban

1. Penyusunan pembuatan draft permaslahan public 
2. Pembuatan Agenda Setting untuk Menyusun permasalahanberdasarkan prioritas masalah.  
3. menghadirkan kebijakan implementasi kebijakan
4. evaluasi kebijakan public 
5. proses tranformability : setelah dievaluasi apakah mauditeruskan atau dihapuskan

 

Pelayanan publik dapat dikatakan tangan dan kaki dalamstruktur tubuh kita. Pelayanan publik merupakan Tindakannyaata dari kebijakan public. Menjawab secara langsung melaluiTindakan nyata. Menurut ahli harbani pasolong pelyanan publikproses dimana negara atau aktor negara ada untuk menjawabkebutuhan secara langsung masyarakat atau public denganmemenafaatkan sumber daya yang dengan efisienDidalampelayanan publik terdapat proses manajemen pelayanan publiketika administrasi

Manajemen pelayanan Publik bagaiamana memberikanpelayanan terhadap public. Berbicara organisasi -organisasimelakukan pelayanan dengan baik sesuai kebutuhan. Proses pengaturan bagaimana pelayanan dapat terjalankan dengan baiksesuai dengan rulesnya

Sumber daya 6 M :

Man 

Money 

Market (Pasar

Material 

Metode

Machine 

Prinsip manajemen dalam pelayanan public yaitu POSDCORB luther gurcop

1. perencanaanharus diterjemahkan dalam rencana aksi
2. organizingpembagian wewenang dan tugas dalampelaksaanaan elayanan
3. Staffing, pembagian sumber daya sumber daya
4. DirectingTindakan secara langsung terhadap pelayanan
5. Coordinating
6. Reporting
7. BudgetingAnggara dalam proses pelayanan public tidakterlepas dari pengaturan sumber daya uangHarus dapatdipertanggung jawabkan sesuai dengan perencaanaanTidak boleh meyebabkan terjadinya silva (Sisa pemakaiannanggaran yang kemudian dikembalikan

Etika administrasi Publik sikap dalam memberikan pelayananpublik. Re-humanisasi karna dihadapkan pada interkasi terhadapmanusiasehingga para actor kurang memberikan pelayanan.Agar aktor pelayanan tidak sewenang-wenangtidakmenimbulkan mal administrasi. Proses dimana memberikanpelayanan public harus mampu bersikpa professional. Hal iniberkaitan dengan good governance, 

persyarat pelayanan public administrasi public dalam dynamic governance

1. kolaborasi
1. Pimpinan yang inovatif
2. Humanistik

Komentar